Sabtu, 24 September 2011

Rindu pada Keharmonisan.

Melihat potret keindahan alam dalam sebuah foto, membuatku rindu akan harmoni senandung kedamaian.  Antara alam dan manusia.

Rindu dan benar-benar rindu....
Ku rindu ributnya dedaunan yang diterpa hembusan angin.
Ku rindu berisiknya gemericik air yang mengalir.
Ku rindu kesejukan dari rindangnya pepohonan.
dan aku sangat merindukan kelestarian......


_Aku rindu pada kelestarian alamku_

_SEDIKIT BERBAGI TENTANG SETRUKTUR HEWAN_

_PRAKTIKUM PERTAMA SETRUKTUR HEWAN_

Subhanallah ya....
kata-kata itu yang terucap pada saat itu (Rabu 21 September2011). Aku dan semua teman-teman ku dari FKIP BIOLOGI 3C harus bekerja keras, mengapa??? Karena pada setiap hari rabu itu jadwal kami puadaaaaat banget.

07.00-10.30 wib : Biokimia
10.40-14.10 wib : Morphologi Tumbuhan
14.20-17.00 wib : Biosel

Tapi sebenarnya bukan masalah kepadatan jadwal yang membuat aku dan teman-teman sekelas ku itu bingung, melainkan tugas dadakan dari salah seorang Dosen. Dan ternyata benar....Tugas itu mampu membuat kami semua begadang hingga ada yang tak tidur pada malam harinya.

 _Sebuah tugas dadakan yang sangat menghebohkan_

Membuat laporan awal 2 praktikum sekaligus hanya dalam waktu 1 malam. Subhanallah ya.....

Tapi untunglah pada hari kamis, 22 September itu semua berjalan dengan lancar..... walaupun malam itu aku dan semua teman-temanku harus sedikit bekerja keras. Bergadang dan bahkan ada beberapa yang tak tidur sama sekali.......
Tapiii.....
Itulah nikmatnya kita kuliah. Selalu ada tantangan yang terkadang tak terduga. Apapun itu bentuknya..... Dan insya Allah, kami tetap semangat menjalani semuanya.
Bagaimanapun aku sadar, ini merupakan pintu gerbang yang harus aku lalui demi meraih masa depan dan kebahagiaan.   :)



Wahhhh.... tapi walaupun kami semua dilanda virus kantuk berat hari itu, tapi narsis kami nggak hilang juga khan..... Di sela-sela waktu praktikum, masiiiihhh juga kami sempatkan diri kami untuk berpose.....
Walaupun harus sembunyi-sembunyi....
hihihi....
Karena kalau sampai ketahuan oleh dosennya nih, kami langsung dikeluarkan dari labor.....
Gubrag banget khan.....
tapi untungnya kami semua kompak dan alhamdulillah, dua-duanya lancar.....
Praktikum sukses, berposenya juga dapat.... Ahahahayyyy.....


Nah, untuk sekedar share aja...
Ini dia nih ada beberapa hasil photo dari pengamatan kami melalui mikroskop, yang mencoba mengamati perbedaan-perbedaan bentuk dan struktur dari sel-sel dan kalenjer Hewan.
Silahkan dilihat-lihat mana tahu ada yang cocok......
^^

Dalam praktikum ini, kami menggunakan perbesaran lensa objektif 40x.
tapi low tak salah ingat yeeeeee....
hehehe..... ini dia nih hasilnya...

walaupun hanya beberapa saja:



Epitel Pipih.






Kalenjer Adrenal







Otot Jantung





Cerebrum




Otot Lurik



Otot Polos


Otot Serat Melintang



 Ovarium



Sel Ginjal



Sel Hati
Sel Syaraf

Foto-foto nya itu di ambil pake kamera HP, jadi diharap maklum deh ya plendz...kalau gambarnya banyak kurang jelasnya.

**Hanya sekedar berbagi cerita.

Kamis, 22 September 2011

Catatan Kecilku

_Aku akan selalu berusaha untuk menuliskan jejak-jejak sejarah dalam kehidupanku dengan untaian cerita-cerita yang indah. Walaupun aku tahu, bahwa aku bukanlah manusia yang sempurna_


Jadikanlah Basmalah sebagai awalan dalam setiap kisah yang hendak ditulis.

_Sejarah kehidupan ku bukanlah orang lain yang mengukirnya, tetapi itu semua ada karena aku ada. Dan aku ingin keberadaanku berarti_

Corat-Coret Saja


_Bukan hanya indah di rupa saja_




"Keistiqomahan dalam menjalani kehidupan ini akan membuatmu tampak lebih indah dan mempesona, walaupun sebenarnya dirimu hanyalah seseorang yang sangat sederhana"

_By: Dewe_

Senin, 19 September 2011

Catatan Hati.

_HIMAP BIO_

Inilah diantaranya wajah-wajah pengurus HIMAP BIO di Universitas Islam Riau periode 2011/2012. Mungkin kami terlihat biasa-biasa saja, tapi sesunguhnya didalamnya tersimpan semangat-semangat yang sangat luar biasa. Bukan hanya kerjasama yang baik yang dapat terbangun dalam organisasi ini, melainkan juga rasa kekeluargaan. Aku sangat bahagia bisa menjadi salah satu bagian darinya.

_BIOLOGI 3C UIR_

Dan ngak ketinggalan, inilah wajah-wajah mahasiswa Biologi kelas 3C di Universitas Islam Riau. Sukses aja deh buat kita semua.

"Berteman itu harus saling memberi, Jadi bisa saling melengkapi. Dan jangan hanya bisa menerima. Karena apa yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih mungkin malah akan menghasilkan yang terbaik daripada dikerjakan sendiri"

Jadi walaupun buanyuak orang bilang kelas kita ini pemecah rekor mahasiswa terbuanyuak di antara kelas biologi tingkat 3 di UIR. Tapi kita kudu yakin kalau kita itu bisa bersaing secara baik dengan yang lainnya. Dan semoga cita-cita kita semua tercapai ia teman-teman.
Love U All.

Jangan pernah merasa minder, karna masa depan kita bukan orang lain yang menentukan.

Lakukanlah sesuatu yang kamu sukai, supaya hasilnya bisa maksimal. Untuk apa menghabiskan energi mengerjakan apa yang tidak kamu sukai hanya karena malu pada orang lain ???

Yakinlah pada dirimu sendiri. Dan Optimislah untuk setiap masa depan yang akan kamu hadapi nanti.

_Keberhasilanmu, ada dalam gengamanmu_
Berusahalah sahabat. yakinlah bahwa kita mampu.

Minggu, 18 September 2011

OPTIMIS.

JANGAN MUDAH MENYERAH
 Oleh: Dwinda Nurningsih.

Tak akan pernah bisa dipungkiri, bahwa setiap waktu yang telah kita lalui dalam hidup ini akan menjadi goresan sejarah yang selalu kita ingat dimasa depan.
Ada kalanya sejarah yang kita ukir itu manis, dan mungkin bisa saja sejarah itu adalah hal terpahit yang pernah kita alam.
Dan jadikanlah semua itu sebagai guru yang tak pernah lelah dalam kehidupan ini. Guru yang selalu mengajarkan kepada tiap-tiap pribadi kita tentang berharganya setiap detik waktu. Guru yang mengajarkan kepada kita arti sebuah mimpi. Guru yang mengajrkan kita arti dan makna kehidupan yang sesungguhnya. Dan semua itu tak akan mungkin dapat kita hapuskan.

Saudaraku.... Walaupun telah banyak pengalaman yang kita lalui, mungkin adakalanya kita mengalami suatu kegagalan dari mimpi yang pernah kita rencanakan, dan membuat kita takut menatap masa depan. Namun janganlah kita mudah menyerah dengan keadaan yang sedang kita hadapi saat ini. Dan jangan pula kita berkecil hati atas apa yang akan kita hadapi nanti. Selagi mentari masih menyinari bumi ini dengan kehangatan sinarnya, yakinkanlah diri kita bahwa HARAPAN ITU MASIH ADA!!!


Hidupmu hanya sekali, maka...buatlah hidupmu ini berarti.
^^

Jumat, 16 September 2011

PERTEMUANKU DENGAN "TARBIYAH"

Kegagalan Itu Mempertemukan Ku Dengan Dunia Tarbiyah.
 Oleh. Dwinda Nurningsih.
Sobat, ... jangan pernah kalian merasa sedih jika mimpi yang kalian harapkan itu belum dapat terwujud. Yakinlah bahwa Allah selalu mempunyai rencana-rencana indah untuk kita.

Tak selamanya yang kita inginkan itu adalah yang terbaik untuk kita. Mungkin malam ini aku ingin sedikit berbagi cerita kepada teman-teman semua. 
Dulu saat aku SMP, aku selalu bermimpi dan memiliki keinginan yang sangat keras untuk dapat diterima di salah satu SMA yang terdengar sangat favorit di daerah Pekanbaru pada saat itu, tepatnya di SMA Plus Pekanbaru. Nah, sejak keinginan itu muncul, aku semakin giat dalam belajar dan berolahraga. karena ku dengar dari salah satu guru SMP ku bahwa di SMA itu bukan hanya ujian tertulis saja yang menjadi pertimbangan, melainkan juga ujian fisiknya, isu-isu yang kudengar saat itusih ujian fisiknya berupa lari keliling lapangan 7 putaran. hemmm.... dan ternyata semua itu benar, saat-saat menjelang kelulusan SMP, aku dan kedua temanku selalu bersama berlatih fisik setiap harinya. Semua itu kulakukan demi meraih mimpi.

Singkat cerita.....
Saat melalui seleksi di sekolah, dari 6 orang yang hendak mendaftar, aku termasuk dalam tiga orang yang dinyatakan lolos. Kami bertiga pun memulai perjuangan dengan mengikuti seleksi tahap 1 (berupa seleksi Administrasi), dan alhamdulillah.... di seleksi tahap 1 itu alah masih mempercayakan ku untuk dapat merasakan sedikit kebahagiaan. karna aku dapat lulus dan ber hak mengikuti seleksi tahap 2. Tapi ternyata, kebahagiaan itu tak lagi kurasakan karena ku tak menemukan namaku di baris pengumuman yang menyatakanku lulus.

Saat itu sebenarnya aku kecewa, tapi aku harus tetap mencoba bersabar. Karena kuyakin, itu bukanlah yang aku butuhkan saat itu. Walaupun aku begitu sangat menginginkannya.............

Akhirnya, kedua orang tuaku menyarankan ku untuk masuk kesekolah yang dekat dengan rumahku di daerah Pangkalan Kerinci sana, dengan alasan sekolah itu sudah menjadi SNBI. tapi entah mengapa aku menolaknya. Dan aku lebih tertarik untuk bersekolah di SMA N 10 Pekanbaru. Sebagai orang tua yang peduli terhadap anak-anaknya, Bapak dan Ibu ku pun menghantarkan ku untuk mendaftar ke sekolah tersebut, sampai akhirnya aku dinyatakan lulus dari tes masuk ke sekolah tersebut bersama dengan ke tiga temanku yang lainnya. Saat itu rasa kecewa dalam hati sedikit terobati. dan aku sangat bersyukur karena dari kegagalan yang aku rasakan saat itu menghantarkannku untuk berjumpa dengan dunia tarbiyah yang sangat indah. Dunia yang menghantarkanku untuk dapat belajar menjadi pribadi yang lebih baik. Dunia yang mengajarkanku tentang rasa persaudaraan. Dunia yang mengajarkanku rasa saling menghargai. Dunia yang mengajarkanku untuk lebih ikhlad dalam menghadapi dan menerima segala sesuatu yang aku terima. Daan dunia yang mengajarkanku tentang makna cinta yang sebenarnya. 

Dan kini..... penyesalan itu tak lagi kurasakan. yang ada hanyalah keinginan untuk dapat menjadi lebih baik. Walaupun jalan yang kulalui saat ini tak sesuai rute yang telah kupilih sebelumnya. Tapi ku yakin, rute yang kulalui saat ini akan menghantarkan ku menuju kebahagiaan yang indah. dan semua ini hanyalah karna Nya. Insya Allah.

Salam penuh kasih, dariku untuk sahabatku semua.

Selasa, 13 September 2011

Isi Makalah Kebutuhan Peserta Didik


Kebutuhan Peserta Didik
Teori Kebutuhan
Setiap individu-individu mempunyai kebutuhan-kebutuhan yang hendak dipenuhi. Dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, setiap individu mempunyai sikap dan prilaku yang berbeda satu sama lain.
Menurut chaplin (2002), mendefinisikan need (kebutuhan) sebagai:
1.      Suatu subtansi seluler yang harus dimiliki oleh organism, agar organism tersebut dapat tetap sehat.
2.      Lebih umum, segala kekurangan, ketiadaan, atau ketidak sempurnaan yang dirasakan seseorang, sehingga merusak kesejahteraannya.
Dengan demikian dapat dipahami bahwa kebutuhan merupakan suatu keperluan asasi yang harus dipenuhi untuk mencapai keseimbangan organism. Salah satu teori kebutuhan yang paling popular dibangun dan dikembangkan oleh Abraham H. Maslow. Menurut Maslow, manusia mempunyai kecendrungan-kecendrungan untuk mencapai kebituhan-kebutuhan sehngga penuh makna dan memuaskan. Manusi a sebagai mana dilukiskan oleh Maslow adalah mahluk yang tidak pernah berada dalam keadaan sepenuhnya puas.
Berdasarkan keyakinan tersebut, Maslow mwmbangun sebuah teori tentang kebutuhan yang kemudian dikenal dengan teori hierarki kebutuhan. Disamping teori hierarki kebutuhan  yang diajukan oleh Maslow teori tentang kebutuhan lain yang dikenal cukup luas adalah teori yang diajukan oleh McClelland. Dalam teorinya, McClelland membedakan tiga jenis kebutuhan manusia, yaitu:
1.      Need for achievement – N-Ach (kebutuhan untuk berprestasi), yaitu kebutuhan untuk bersaing atau melampaui standar pribadi.
Berdasarkan hasil penelitiannya, McClelland menemukan cirri-ciri orang yang memiliki kebutuhan untuk berpresentasi, antara lain:
a.       Menyenagi situasi dimana ia memikul tanggung jawab pribadi atas segala perbuatannya.
b.      Menyenangi adanya umpan balik (feedback) yang cepat, nyata dan efisien atas segala perbuatannya.
c.       Dalam menentukan tujuan prestasinya, ia lebih memiliki resiko yang moderat dari pada resiko yang kecil.
d.      Berusaha melakukan sesuatu dengan cara yang baru dan kreatif.
e.       Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
2.      Need for power –N- Pow (kebutuhan untuk berkuasa), yang suatu kebutuhan atau kecendrungan untuk member kesan atau mempunyai pengaruh atas orang lain dengan tujuan untuk dianggap sebagai seorang yang kuat.
Cirri-ciri tinggkah laku orang yang memiliki need for power antara lain:
a.       Sangat aktif dalam menentukan arah kegiatan dari organisasi dimana ia terlibat.
b.      Sangat peka terhadap struktur pengaruh antara pribadi dan kelompok atau organisasi.
c.       Senang menjadi anggota suatu organisasi yang mencerminkan prestise.
d.      Berusaha menolong orang lain, meskipun pertolongan itu tidak diminta.

3.      Need for  affiliation –N-AFF (kebutuhan untuk berafiliasi), yaitu suatu kecendrungan dari beberapa individu untuk mencari atau menjalin hubungan persahabatan dengan orang lain, tanpa memandang status, kedudukan, jabatan, ataupun pekerjaan.
Cirri-ciri tinggkah laku dari orang yang memiliki Need for  affiliation antara lain:
a.       Lebih senang berkumpul bersama orang lain dari pada sendirian;
b.      Sering berhubungan dengan oranglain, termasuk bercakap-cakap lewat telepon, bersilaturrahmi, dan lain-lain.
c.       Lebih memperhatikan aspek hubungan pribadi yang ada dalam pekerjaan dari pada aspek tugas-tugas itu semdiri.
d.      Mencari persetujuan atau kesepakatan dengan oranglain;
e.       Lebih aktif melakukan pekerjaan dalam suasana kooperatif.

Kebutuhan Dasar Manusia
1.      Phyisiological needs (kebutuhan-kebutuhan fisiologi)
Kebutuhan-kebutuhan fisiologis adalah sejumlah kebutuhan yang paling mendesak dan mendapat prioritas utama dalam pemenuhannya karena berkaitan langsung dengan kondisi fisik dan kelangsungan hidup. Contoh: makan, minum, sandang, oksigen, tempat tinggall, seks, tidur, istirahat dan lain-lain.
2.      Need for self-security and security  (kebutuhan akan rasa aman dan perlindungan).
3.      Need for love and belonging ness (kebutuhan akan kasih sayang dan memiliki).
4.      Need for self-esstem (Kebutuhan akan rasa hargadiri)
Kebutuhan ini mencakup:
A.    Kebutuhan akan self-respect atau penghormatan/penghargaandari diri sendiri, seperti: rasa percaya diri, hasrat untuk memperoleh kompetensi, kekuatan pribadi, adekuasi, kemandirian.
B.     Es-teem atau penghargaan dari orang lain, yaitu penghargaan atas apa-apa yang telah dilakukannya, berupa: pengakuan, penerimaan, perhatian, kedudukan atau status, pangkat, nama baik, dan prestasi.
Kegagalan untuk diakui oleh diri sendiri dan orang lain akan menimbulkan peraasaan rendah diri dan kehilangan semangat atau putus asa (discourage-ment).
5.      Need for self-actualization (Kebutuhan akan aktualisasi diri)

Kebutuhan Peserta Didik Dan Implikasinya Terhadap Kehidupan.
Sebagaimana telah disinggung diatas bahwasannya tingkahlaku individu merupakan perwujudan dorongan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.kebutuhan-kebutuhan ini merupakan inti kodrati manusia. Dengan demikian dapat dipahami bahwa kegiatan belajar di sekolah pada prinsipnya juga merupakan manifestasi pemenuhan kebutuhan-kebutuhan individu tersebut.
Berikut ini disebutkan beberapa kebutuhan peserta didik yang perlu mendapat perhatian dari guru, di antaranya:
  1. Kebutuhan jasmaniah
Sesuai dengan teori kebutuhan menurut Maslow, kebutuhan jasmaniah merupakan kebutuhan dasar setiap manusia yang bersifat instinktif dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan dan pendidikan. Kebutuhan-kebutuhan jasmaniah peserta didik yang perlu mendapat perhatian dari guru di sekolah antara lain: makan, minum, pakaian, oksigen, istirahat, kesehatan jasmani, gerak-gerak jasmani, serta terhindar dari berbagai ancaman. Apabila kebutuhan jasmaniah ini tidak terpenuhi, di samping mempengaruhi pembentukan pribadi dan perkembangn psikososial peserta didik, juga akan sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar di sekolah.
Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan jasmaniah peserta didik ini, sekolah melakukan upaya-upaya seperti :
  • Memberikan pemahaman terhadap peserta didik tentang pentingnya pola hidup sehat dan teratur 
  • Menanamkan kesadaran kepada peserta didik untuk mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung gizi dan vitamin tinggi 
  • Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk beristirahat 
  • Memberikan pendidikan jasmani dan latihan-latihan fisik seperti olahraga. 
  • Menyediakan berbagai sarana di lingkungan sekolah yang memungkinkan peserta didik dapat bergerak bebas, bermain, berolahraga, dan sebagainya 
  • Merancang bangunan sekolha sedemikian rupa dengan memperhatikan pencahayaan, sirkulasi udara, suhu, dan dan sebagainya, yang memungkinkan peserta didik dapat belajar dengan nyaman 
  • Mengatur tempat duduk peserta didik di dalam kelas sesuai dengan kondisi fisik mereka masing-masing.
  1. Kebutuhan akan rasa aman
Rasa aman merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan peserta didik, terutama rasa aman di dalam kelas dan sekolah. Setiap siswa yang datang ke sekolah sangat mendambakan suasana sekolah atau kelas yang aman, nyaman, dan teratur, serta terhindar dari kebisingan dan berbagai situasi yang mengancam. Hilangnya rasa aman di kalangan peserta didik juga dapat menyebabkan rusaknya hubungan interpersonalnya dengan orang lain, membangkitkan rasa benci terhadap orang-orang yang menjadi penyebab hilangnya rasa aman dalam dirinya. Lebih dari itu, perasaan tidak aman juga akan mempengaruhi motivasi belajar siswa di sekolah.
  1. Kebutuhan akan kasih sayang
Semua peserta didik sangat membutuhkan kasih sayang, baik dari orangtua, guru, teman-teman sekolah, dan dari orang-orang yang berada di sekitarnya. Peserta didik yang mendapatkan kasih saying akan senang, betah, dan bahagia berada di dalam kelas, serta memiliki motivasi untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Sebaliknya, peserta didik yang merasa kurang mendapatkan kasih sayang akan merasa terisolasi, rendah diri, merasa tidak nyaman, sedih, gelisah, bahkan mungkin akan mengalami kesulitan belajar, serta memicu munculnya tingkah laku maladaptif. Kondisi demikian pada gilirannya akan melemahkan motivasi belajar mereka.
  1. Kebutuhan akan penghargaan
Kebutuhan akan penghargaan terlihat dari kecenderungan peserta didik untuk diakui dan diperlakukan sebagai orang yang berharga diri. Mereka ingin memiliki sesuatu, ingin dikenal dan ingin diakui keberadaaannya di tengah-tengah orang lain. Mereka yang dihargai akan merasa bangga dengan dirinya dan gembira, pandangan dan sikap mereka terhadap dirinya dan orang lain akanpositif. Sebaliknya, apabila peserta didik merasa diremehkan, kurang diperhatikan, atau tidak kurang mendapat tanggapan yang positif atas sesuatu yang dikerjakannya, maka sikapnya terhadap dirinya dan lingkungannya menjadi negatif.
Oleh sebab itu, untuk menumbuhkan rasa berharga di kalangan peserta didik, guru dituntut untuk:  
  • Menghargai anak sebagai pribadi yang utuh 
  • Menghargai pendapat dan pilihan siswa 
  • Menerima kondisi siswa apa adanya serta menempatkan mereka dalam kelompok secara tepat berdasarkan pilihan masing-masing, tanpa adanya paksaan dari guru. 
  • Dalam proses pembelajaran, guru harus menunjukkan kemampuan secara maksimal dan penuh percaya diri di hadapan peserta didiknya 
  • Secara terus-menerus guru harus mengembangkan konsep diri siswa yang positif, menyadarkan siswa akan kelebihan dan kekurangan yang dimiliknya 
  • Memberikan penilaian terhadap siswa secara objektif berdasarkan pertimbangan kuantitatif dan kualitatif. Artinya, guru harus mampu menilai perkembangan diri peserta didik secara menyeluruh dan bersifat psikologis, tidak semata-mata bersifat matematis
  1. Kebutuhan akan rasa sukses
Peserta didik menginginkan agar setiap usaha yang dilakukannya di sekolah, terutama dalam bidang akademis berhasil dengan baik. Peserta didik akan merasa senang dan puas apabila pekerjaan yang dilakukannya berhasil, dan merasa kecewa apabila tidak berhasil. Ini menunjukkan bahwa rasa sukses merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi peserta didik. Untuk itu, guru harus mendorong peserta didiknya untuk mencapai keberhasilan dan prestasi yang tinggi, serta memberikan penghargaan atas prestasi yang dicapai, betapapun kecilnya, baik berupa ungkapan verbal maupun melalui ungkapan non-verbal.
Penghargaan yang tulus dari seorang guru akan menumbuhkan perasaan sukses dalam diri siswa, serta dapat mengembangkan sikap dan motivasi yang tinggi untuk terus berjuang mencapai kesuksesan. Kalaupun terdapat peserta didik yang gagal tetap perlu diberi penghargaan atas segala kemauan, semangat, dan keberaniannya dalam melakukan suatu aktivitas. Guru harus menghindari komentar-komentar ynag bernada negative atau menampakkan sikap tidak puas terhadap mereka yang gagal. Komentar-komentar negatif atau sikap tidak puas guru akan membuat peserta didik kehilangan kepercayaan diri, merasa tidak berharga dan putus asa.
  1. Kebutuhan akan agama
Sejak lahir, manusia telah membutuhkan agama. Ynag dimaksud agama dalam kehidupan adalh iman yang diyakini oleh pikiran, diresapkan oleh perasaan dan dilaksanakan dalam tindakan, perbuatan, perkataan dan sikap.
Kebutuhan peserta didik khususnya yang beranjak remaja kadang-kadang tidak dapat dipenuhii apabila telah berhadapan dengan agama, nilai-nilai sosial dan adat kebiasaan, terutama apabila pertumbuhan sosialnya telah matang, yang seringkali menguasai pikirannya. Pertentangan tersebut semakin mempertajam keadaan bila reaja tersebut berhadapan dengan berbagi situai, misalnya film di televise maupun di layar lebar yang menayangkan adegan-adegan tidak sopan, mode pakaian yang seronok, buku-buku bacaan serta Koran yang sering menyajikan gambar yang tidak mengindahkan kaidah-kaidah moral dan agama. Semuanya itu menyebabkan kebingungan bagi remaja yang tidak mempunyai dasar keagamaan dan keimanan. Oleh sebab itu, sangat penting dilaksanakan penanaman nilai-nilai moral dan agama serta nilai-nilai social dan akhlak kepada manusia khususnya bagi remaja sejak usia dini.
Remaja dalam perkembangannya akan menemui banyak hal yang dilarang oleh ajaran agama yang dianutnya. Hal ini akan menjadikan pertentangan antara pengetahuan dan keyakinan yang diperoleh dengan praktek masyarakat di lingkungannya. Oleh sebab itu pada situasi yang demikian ini peranan orangtua, guru maupun ulama sangat diperlukan.
  1. Kebutuhan Akan Rasa Bebas
Peserta didik juga memiliki kebutuhan untuk merasa bebas, terhindar dari kungkungan-kungkungan dan ikatan-ikatan tertentu. Peserta didik yang merasa tidak bebas mengungkapkan apa yang tersa dalam hatinya atau tidak bebas melakukan apa yang diingainkannya, akan mengalami frustasi, merasa tertekan konflik dan sebagainya. Oleh sebab itu guru harus memberikan kebebasan kepada pesertaa didik dalam batas-batas kewajaran dan tidak membahayakan.mereka harus diberi kesempatan dan bantuan secara memadai untuk mendapatkan kebebasan.

KHASIAT RUMPUT TEKI (OBAT TRADISIONAL SAAT "NYERI HAID')

Hai sahabat Se.Na.Da.... Apakabar hari ini??? Saya harap hari ini, esok hari dan selamanya kita selalu dalam lindungan Nya... Aamiin. Udah lama sepertinya saya tidak lagi memperbarui berita dalam Se.Na.Da_Ka.Ta ini ya? namun kali ini saya ingin mencoba memberikan sedikit pengetahuan tentang kesehatan herbal. 

Khususnya bagi kaum hawa yang sudah mengalami Haid. 

Kita sebagai kaum hawa pastilah tidak asing lagi yang namanya HAID. Namun pastilah antara satu dan yang lainnya memiliki beragam kisah yang dialaminya saat tamu rutin itu datang. Bahkan tak jarang haid membuat  kita frustrasi. Datang sebulan cuma sekali, tetapi nyerinya minta ampun. Jangan biarkan masalah ini. Di sekitar kita banyak tanaman yang bisa membantu mengatasi, salah satunya rumput teki alias manggata.

Haid atau menstruasi adalah akibat siklus hormonal di dalam tubuh wanita. Darah haid keluar bersama endometrium (lapisan rahim) yang luruh akibat turunnya kadar hormon estrogen dan progesteron.

Dalam keadaan normal, haid datang setiap bulan. Namun, jika siklus hormonal mengalami gangguan, datangnya bisa telat sampai berbulan-bulan atau sebaliknya lebih dari sekali sebulan.

Menjelang menstruasi, banyak wanita mengalami perubahan emosi, seperti gampang sedih dan mudah marah. Tak sedikit yang mengalami nyeri, sampai harus cuti kerja. Kadang darah tak mau berhenti, hingga harus gonta-ganti pembalut.

Dalam konsep pengobatan tradisional Cina (TCM), dijelaskan Retno Lanysari Windura, akupunturis dan herbalis asal Solo, gangguan menstruasi akibat panas berlebihan. Hal itu terjadi akibat ketidakseimbangan yin dan yang di dalam tubuh. Karena itu, obat gangguan menstruasi adalah tanaman yang punya sifat mendinginkan.

Isolasoglikosida plavon

Belum banyak orang yang menengok kekayaan obat tradisional di sekitar kita. Padahal, kata Ir. Heru D. Wardana, M.Hort.Sc., peneliti tanaman obat di Jakarta, jika kita menengok pekarangan rumah, bakal menjumpai tanaman yang bisa membantu mengatasi masalah kewanitaan ini. Salah satunya rumput teki.

Tanaman ini tarmasuk dalam familia Cyperaceae dengan nama Latin Cyperus rotundus (C. tuberosus). Rumput teki juga memiliki berbagi nama (sinonim) di antaranya CC curvatus Llanos, C. hexastochyus Rottb, CC leptostachyus Griff, C. madicans FI. Graec, C. odoratus Osbeck, C tenuiflorus Royle (non Rottb.), musta, mustaka, kobushi, nutgrass, tiririca, nutsedge, purple nutsedge, dan adru.

Rumput teki merupakan rumput semu menahun, tingginya 10-95 cm. Batang rumputnya berbentuk segitiga dan tajam. Daunnya berjumlah 4-10 helai yang terkumpul pada pangkal batang. Akar dengan pelepah daunnya tertutup tanah. Helaian daun berbentuk pita bersilang sejajar. Permukaan atas berwarna hijau mengilat dengan panjang daun 10-30 cm dan lebar 3-6 cm.

Tanaman ini tumbuh liar di tempat terbuka atau sedikit terlindung dari sinar matahari, seperti di tanah kosong, tegalan, lapangan rumput, pinggir jalan, atau di lahan pertanian, dan tumbuh sebagai gulma yang susah diberantas.

Menurut Ir. Heru, bagian rumput teki yang bisa digunakan adalah umbinya yang mengandung alkaloid, flavonoid, sineol, pinen, siperon, rotunal, siperenon, dan siperol. Sifat kimiawi dan efek farmakologis rumput teki adalah rasa pedas, sedikit pahit, dan manis, berkhasiat menormalkan siklus haid, menghilangkan rasa sakit (analgesik) dan sebagai penenang (sedatif). Dalam TCM, tambah Retno, rumput teki masuk meridian hati dan san ciao.

Dalam konsep TCM, rimpang teki punya sifat mendinginkan. Secara empiris, teki telah lama digunakan masyarakat Cina dan India sebagai obat peluruh haid.

Sebuah situs kesehatan menyebutkan, penelitian di Cina menemukan bahwa secara tunggai maupun kombinasi, 6-9 gram rimpang teki bisa membantu meringankan ketidakteraturan siklus haid serta meringankan sindrom pramenstruasi (PMS).

Rimpang teki juga sering dipakai untuk meningkatkan nafsu makan, meredakan demam, dan meringankan penyakit hati. Di India digunakan sebagai produk perawatan rambut dan kulit. Kandungan minyak atsirinya digunakan sebagai parfum.

Sisi bandel

Ditambahkan oleh David Andi Purnama, herbalis dan penemu jamu tetes di Gorontalo, tanaman bernama lain manggata ini dikenal sebagai herba yang cukup banyak manfaatnya. Antara lain sebagai obat kuat, sakit perut, memperlancar kencing, peluruh serta pengatur haid, obat kumur, obat sakit gigi, dan juga obat borok.

Di Jawa, akar rumput tanaman ini digunakan sebagai obat antikejang. Minyak terbang yang ada di dalamnya dapat menghindarkan pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.

Kegunaan lain rumput teki adalah adalah obat sakit dada, sakit iga, rasa sakit sewaktu haid, juga untuk obat luar seperti luka terpukul, memar, gatal-gatal di kulit, bisul, perdarahan dan keputihan, juga bengkak akibat retensi cairan (edema). Bahkan, rumput ini dipercaya bisa mengatasi gangguan fungsi pencernaan, seperti mual, muntah, nyeri lambung, dan nyeri perut.

Menurut David, kita juga bisa mengambil sisi "bandel" tanaman ini. "Disemprot herbisida mati, tetapi begitu tersiram hujan, rumput ini tumbuh lagi. Artinya, ada enzim atau hormon tertentu yang membuat tanaman ini bisa mengatur hidupnya secara luar biasa," tuturnya.

Sayangnya, karena masih belum banyak penelitian, kandungan teki ini masih jadi teka-teki.

Beragam Khasiat Cyperus Rotundus

1. Pemakaian luar
a. Kulit biru akibat terbentur
Caranya: Rumput teki segar yang telah dicuci bersih digiling halus, selanjutnya ditempelkan pada bagian yang sakit.

b. Radang kuku
Caranya: Umbi rumput teki dan biji kenari ditumbuk hingga halus, bungkus dengan daun. Panaskan, lalu tempelkan di kuku yang sakit, langsung dibalut.

2. Pemakaian dalam
a. Nyeri lambung
Bahan: 30 gram umbi teki, 15 gram lengkuas
Pemakaian: Bahan dikeringkan lalu digiling hingga menjadi bubuk. Ambil 3 gram, seduh dengan air panas secukupnya lalu diminum selagi hangat. Lakukan 2 kali sehari.

b. Busung atau bengkak karena cairan
Bahan: 10 gram rumput teki
Pemakaian: Bahan dicuci bersih dan digiling halus. Seduh dengan 150 cc air panas, saring, tambahkan madu, lalu minum airnya. Lakukan 2 kali sehari.

c. Haid tidak teratur atau sakit saat haid
Bahan: 6-9 gram umbi rumput teki kering
Pemakaian: Rebus bahan dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Saring, airnya diminum.

d. Keputihan dan haid tidak lancar
Bahan: 10 gram umbi rumput teki kering, 15 gram kulit delima kering
Pemakaian: Semua bahan direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc. Saring, airnya diminum.

e. Memperlancar buang air kecil
Bahan: 10 gram umbii rumput teki kering, 60 gram akar alang-alang
Pemakaian: Semua bahan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring, airnya diminum.

f. Kencing batu
Bahan: 10 gram umbi rumput teki kering, 4 lembar daun alpukat, 30 gram keji beling, gula aren secukupnya.
Pemakaian: Rebus Semua bahan dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring, minum airnya 2 kali sehari, setiap kali 150 cc.

g. Sakit gigi
Bahan: 6 gram umbi rumput teki
Pemakaian: Haluskan bahan, lalu seduh dengan 200 cc air panas, tambahkan madu. Minum airnya.

Sumber: http://cybermed.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=Natural+Healing&y=cybermed|18|0|3|184